Senin, 01 September 2014

Promo on air Monte Carlo di Bandung

Welcome September!

Wow, nggak terasa, tahun 2014 sudah memasuki bulan berakhiran -ber. Setelah bulan lalu dipenuhi banyak tugas dan alhamdulillah selesai semua sesuai target, bulan ini pun dipenuhi jadwal tugas baru. Semakin menikmati pekerjaan ini. Mari optimis, hari ini lebih baik dari kemarin.
*Quote di kalender untuk bulan ini pas banget, NEVER GIVE UP!



Sejak akhir Juli, bagian promosi Gagas Media menawarkan aku untuk promo on air #MonteCarlo di radio Bandung. Tanpa berpikir lama aku langsung setuju. Ke Bandung gitu loooh ... Waaah, sudah terbayang deh bakalan promo sekaligus jalan-jalan asyik di sana.

Kebetulan waktu yang dijadwalkan untukku adalah Sabtu-Minggu tanggal 30 dan 31 Agustus 2014. tepat sekali ketika semua tugas-tugasku selesai, semua revisian sudah kukirim ke editor-editorku. Jadi, promo keluar kota kali ini, bagiku sekaligus sebagai refreshing setelah selama sebulan penuh berkutat dengan naskah yang nggak cuma satu.

Aku berangkat bersama editor kece dan imut Kak Mita. Kak Mita yang nyetir sendiri mobilnya lho, hebat banget yaaa. Jakarta-Bandung kan lumayan jauh yaaa. Saat memasuki Bandung sudah dihadang macet. banyak sekali mobil plat B yang ingin masuk ke Bandung. Yup, sudah tradisi, tiap Sabtu-Minggu, Bandung diserbu wisatawan dari Jakarta.

Namun asyiknya, begitu memasuki Bandung, udara langsung terasa berubah sejuk. Suhu yang terpampang di gerbang masuk menuju Bandung, suhu 26'C. Wow, setelah sebelumnya di Jakarta suhu udara mencapai 33'C.

Begitu sampai Bandung, Kak Mita langsung membawaku makan siang di resto Giggle Box. Makan siang yang terlambat, karena kami sampai sudah hampir pukul tiga sore. Begitu memasuki resto ini, langsung saja disambut aura klasik yang terlihat jelas dari penataan interiornya. Foto-foto yang terpajang di dindingnya adalah artis-artis Hollywood tempo dulu, tahun 50-an. Musik jazzy, bosas yang juga klasik mengalun memenuhi sudut-sudut ruangan.

Kolase yang menarik di Giggle Box

Suasananya cozy ... *ssstt, ada Kak Mita ^_^

Dindingnya dipenuhi foto-foto artis Hollywood tempo dulu

Oldies banget yaaa, tapi nyamaaan banget

Dan ... selain tempatnya yang nyamaan banget, makanannya juga enaaaak dan tergolong murah dibanding makanan di resto di mal Jakarta dengan harga lebih mahal tapi rasanya kurang enak.

Ah, Kak Mita memang jagoan banget soal kuliner Bandung. Kenapa? Karena Kak Mita memang mojang Bandung. Rumahnya di Bandung ini. Karena itu paham banget soal Bandung.

Setelah makan, kami segera meluncur ke Rase FM yang ternyata nggak jauh lokasinya dari Giggle Box.
Acara agak terlambat karena penyiarnya belum datang terhadang macet. Waaah, jam segitu saat weekend, Bandung lagi macet-macetnya deh.

Akhirnya ... tibalah saatnya cuap-cuap di radio Rase FM. Kuceritakan proses kreatif Monte Carlo dan sedikit sinopsis ceritanya buat memancing minat pendengar.

Terakhir, para pendengar diperkenankan menirim pertanyaan buatku. Bagi pertanyaan yang kuanggap paling menarik, akan mendapat tiga novel Monte Carlo untuk tiga pemenang. Waah, ternyata banyaak yang bertanya. Seru banget deh.

Book signing novel Monte Carlo buat yang pertanyaannya paling oke 


Suasana saat cuap-cuap di Rase FM

Foto bareng penyiar sesudah acara

Setelah selesai acara di Rase FM, Kak Mita ngajak aku jalan-jalan ke BIP, Bandung Indah Plaza. Wah, seru banget, di sini banyak toko-toko yang menjual produk buatan Bandung asli. Ada sepatu-sepatu yang keren-keren nggak ada di Jakarta. Tapi aku nggak biasa belanja-belanja. Biasanya aku belanja sendirian karena milihnya lama, supaya bebas mau milih sampai kapan pun. Karena nggak mau merepotkan Kak Mita, aku cuma lihat-lihat saja deh.

Kami mampir ke Gunung Agung BIP, dan menemukan ada rak khusus yang memajang novel-novel seri #SetiapTempatPunyaCerita. Kereeeen!!

Keren ya, ada rak khusus novel #STPC di Gunung AGung BIP


Setelah makan malam di BIP, aku pun setuju untuk pulang saja ke rumah Kak Mita. Ya, malam itu aku menginap di rumah Kak Mita, yang letaknya nggak jauh dari pusat keramaian Kota Bandung. Posisinya agak ke atas, jadi, udaranya lebih dingin lagi. Aaah, enak banget deh.

Kak Mita yang baik menyediakan ruang tidur tamu buat aku tidur malam itu. Dan saking capainya, setelah mandi pukul 10 malam, aku langsung tidur. Untunglah tersedia air panas di kamar mandi Kak Mita, aku yang sempat menggigil saat mandi, akhirnya merasa hangat setelah tahu airnya bisa diubah menjadi hangat, hehehe. Rumah Kak Mita nyamaaan banget. Kayak hotel. Aku langsung tidur nyenyak sampai azan subuh baru bangun.

Sedangkan Kak Mita, katanya tidur lewat dini hari. Kuat banget ya? Padahal sudah nyetir Jakarta-Bandung, kok nggak capek ya? Salut deh dnegan stamina Kak Mita.

Pukul tujuh pagi kami sarapan nasi goreng dan telur ceplok buatan mami Kak Mita. Baiiik banget deh mami Kak Mita. Aku dibuatkan sarapan dan teh manis hangat.

Setelah itu, barulah kami berangkat ke radio selanjutnya, 99ers Radio Bandung di Jalan Dago. Karena itu hari Minggu, Jalan Dago ditutup untuk kendaraan bermotor, istilahnya seperti di Jakarta, car free day. Jadi, kami parkir agak jauh, lalu jalan kaki menuju 99ers Radio.

Untungnya waktunya agak fleksible. Rencana jam 8 sudah on air, acara yang bertajuk weekend seru dimulai pukul 8.30. Bincang-bincang novel Monte Carlo digabungkan dengan pembahasan mengenai PHP. Ada 3 novel Monte Carlo gratis untuk 3 pendengar yang sms atau ngetwit tentang pendapatnya mengenai PHP.

Suasana interior 99ers Radio Bandung. Keren yaaaa ^_^

Foto bersama penyiar 99ers Radio Bandung 

Foto rame-rame semuanya, Kak Mita ikut juga ^_^

Sesudah acara radio selesai, saatnya aku dan Kak Mita menikmati sebentar suasana car free day. Menyusuri jalan Dago saat car free day, makan cilor dan kripik otak-otak pedas.

Tau cilor nggak? Enak lho, apalagi masih hangat. Cilor itu cilok yang dicelupkan ke dalam adonan telur lalu digoreng, kemudian makannya dicelupkan ke bumbunya. Enaaaaak. Di Jakarta belum ada yang begini. Lagian pernah nyoba makan cilok di Jakarta alot banget >.<.
Tapi cilok di Bandung, enaaaak deh. Nggak alot.


Suasana car free day di Bandung

Ranme yaaa... itu ada Kak Mita terlihat dari belakang, hayo yang mana? ^_^


Setelah itu, kami iseng keluar masuk FO sekadar cuci mata. Melihat-lihat baju. Eh, Kak Mita akhirnya beli sesuatu. Kalau aku, seperti biasa, lebih nyaman belanja baju dan sepatu sendiri saja supaya bebas memilih dan mencobanya.

Ini benar-benar acara promo yang seru banget, bertugas sambil jalan-jalan. Happy weekend banget deh. Akhir Agustus yang manis dan akan jadi kenangan indah. Ihiy ^_^

Terima kasih yang tak terhingga buat Gagas Media, tim promosi Mas Dimas yang sudah menjadwalkan aku promo di Bandung ini.

Dan tentunya terima kasiiiiiiiih banget buat Kak Mita yang sudah bersedia nganterin aku, jadi pemandu wisata dan dijamu di rumahnya yang super nyaman, ketemu keluarganya, ketemu mami Kak Mita yang super baik.

Semoga kelak ada lagi karyaku yang terbit di Gagas Media dan aku punya kesempatan promo on air lagi di Bandung. Hm, jadi nggak sabar ....

Monte Carlo sempat mejeng di jendela kamar tidur tamu di rumah Kak Mita ^_^


Selasa, 26 Agustus 2014

Silaturahim Penulis buku Islami Gramedia

Senin yang ramai ... tapi aku semangat bangun pagi dan berangkat ke kantor Gramedia di Palmerah.
Karena hari ini adalah hari yang seru. Kumpul-kumpul penulis-penulis buku-buku Islam Gramedia.

Aku selalu antusias datang tiap kali ada undangan dari Gramedia. Karena berdasarkan pengalamanku, acara yang diadakan Gramedia selalu oke. Selain dapat ilmu, makanannya juga toooop. Hehehehe.

Dan ... surprise lainnya adalah, ternyata di acara talkshow ada Bang Tere Liye. Waaaah, salah satu penulis yang aku sukai tulisannya akhirnya bisa kulihat langsung.

Walau pun aku rada segan mau minta foto bareng, hehehe. Jadi, kalau di sini nggak ada bukti foto bareng dengan beliau, bukan berarti hoax, lho ;)

Akhirnya bisa lihat langsung Bang Tere Liye setelah selama ini cuma baca novelnya ^_^
Photo by Mbak Linda Razad
Selain Bang Tere, hadir juga menceritakan pengalaman promosi di medsos pemilik akun tweet nikah. Waaah, aku banyak mendapat pencerahan cara promo di medsos, walau sampai sekarang aku sudah mencoba dan entahlah, aku nggak jago promosi ... Mungkin harus berlatih lebih giat lagi kali yaaa ^_^

Padahal sih aku sudah memanfaatkan twitter, fb, blog dan instagram. Mungkin masih kurang gencar kali ya usahaku? Hehehe. Ah, salut deh sama Bung Marah Adil yang bisa sukses banget berpromosi di media sosial.

Kalau Bang Tere lain lagi. Beliau cuma punya fanpage FB. Nggak ada twitter, instagram, bahkan blog. Bang Tere percaya, cukup dengan menulis dan menerbitkan buku bagus, kalau pembaca puas membaca bukunya, itu akan jadi media potensial yang akan menyebarkan keunggulan bukunya kepada pembaca lainnya. Terbukti dengan buku-buku beliau yang selalu menjadi best seller.

Waaah, Bang Tere sih tulisannya memang selalu bagus. Semoga kelak aku bisa sesukses Bang Tere. Aamiin


Aku ada di foto ini sedang mendengarkan dengan seksama
sharing Bang Tere promo buku di medsos.
Hayo, aku yang mana? ^_^
Photo by Mbak Linda Razad


Ohya, kenapa aku bisa diundang ke acara Gramedia yang keren ini? Karena novel tema Islami karyaku yang berjudul "Hatiku Memilihmu" diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Alhamdulillah ^_^

Dan akan terbit novelku yang lainnya di GPU. Tungguin yaaa ^_^



Minggu, 24 Agustus 2014

My Best Friend Wedding

Halooo, selamat hari ini.

Hari ini aku harus menyelesaikan revisi novel karyaku terbaru. Besok sudah harus dikirim. Ah, semoga aku bisa menyelesaikannya tepat waktu walau lumayan banyak catatan yang diberikan editor.

Ini karena kemarin aku harus menemani sahabatku Selvy Erline menjalani detik-detik ia mengakhiri masa lajangnya. Dia memintaku datang sejak pagi supaya bisa ada di dekatnya saat acara ijab qabul.

Sejak malam sebelumnya, aku sudah begadang membungkus kado. Mungkin kado itu bukan barang mewah, namun semoga bisa diterima sahabatku. Pukul satu dini hari baru aku tertidur. Saat subuh aku terbangun segera solat subuh lalu mandi. Langsung bersiap-saip berangkat ke rumah Selvy yang lumayan jauh deh dari rumahku.

Aku memilih naik busway yang paling mudah. Berangkat pukul tujuh teng, sampai di rumah Selvy pukul 9 pagi. Acara ijab qabul pukul 10 pagi. Jadi, aku masih bisa ngobrol-ngobrol dengannya sebelum acara berlangsung.

Selvy, sahabat yang dulu sering sama-sama saling mencurahkan perasaan sebagai sama-sama lajang. Ternyata takdir menetapkan dia lebih dulu menemukan pasangan hidupnya. Selamat ya, sahabatku. akhirnya terwujud juga harapan dan impianmu, membina rumah tangga sakinah, mawaddah, warohmah.

My best friend wedding


Dulu, rasanya tak terbayang andai aku ditinggal sendirian sebagai satu-satunya lajang. Tapi saat akhirnya masa itu tiba, ternyata aku baik-baik saja. Yah, aku mulai terbiasa ke mana-mana sekarang sendiri. Sadar, kelak sahabatku nggak akan selalu bisa menemaniku ke tempat-tempat yang sering kami datangi untuk menambah pengalaman dan pengetahuan seperti dulu.

Kalau nggak salah, awal perkenalanku dengan Selvy tahun 2003, saat kami sama-sama mengikuti sebuah acara pelatihan jurnalistik yang diadakan RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa). Sejak saat itu kami semakin dekat, karena sama-sama tertarik belajar menulis. Lalu kami jalan-jalan ke acara pameran buku di Senayan. Dan saat kami menemukan stan FLP (Forum Lingkar Pena), kami mendaftar untuk belajar menulis di sana.

Setelah mendapat ilmu menulis yang lumayan, kami sama-sama memberanikan diri mulai menulis cerpen remaja dan mengirimkannya ke berbagai majalah. Senangnya saat akhirnya cerpen-cerpen kami berhasil terbit. Awalnya, kami hanya berani membuat cerpen. Hingga puluhan cerpen kami dimuat di majalah-majalah remaja. Sampai akhirnya datang kesempatan menerbitkan novel. Pertama kali novelku dan Selvy yang terbit adalah novel cerita Korea.

Hm, sahabatku ini bikin aku yang semula anti cerita Korea, akhirnya tergila-gila dengan aktor Korea Kang Ji Hwan, gara-gara dipinjamkan drama Korea, "Lie to Me". Ada untungnya juga, gara-gara aku ketularan suka nonton drama Korea, aku berhasil menulis lima novel cerita Korea.

Kemudian, aku dan Selvy menulis novel remaja berdua, ini adalah salah satu impian kami. Novel yang menceritakan tentang dua sahabat yang karakaternya kami ambil dari karakter masing-masing. yang satu super langsing, yang satu bongsor. Awalnya nama tokohnya Lala dan Jojo, tapi penerbit minta diganti, akhirnya menjadi Lalas dan Joana. Semula judul novelnya "Sweet Revenge" tapi saat terbit diganti jadi "Cinta yang Sempurna". Ah, senangnya, akhirnya aku dan Selvy berhasil bikin novel duet.

Dulu aku dan Selvy hobi banget mengikuti berbagai kegiatan yang menantang dan berharap kami akan bertemu jodoh di sana. Paling seru saat aku punya ide ikut kegiatan komunitas sepeda gunung. Selvy mau saja. jadilah kami berangkat pagi-pagi sekali, pukul tujuh pagi sudah berkumpul di hutan UI untuk mulai bersepeda gunung di jalan hutan yang amburadul, licin, curam. Meniti pinggir danau buatan, sampai harus menyeberang jembatan yang hanya terbuat dari batang pohon kelapa. Hadeeeuh, kita nekat banget ya dulu? Tapi itu jadi kenangan tak terlupakan dan pernah kumasukkan dalam novel.

Yup, sudah banyak kegiatan yang kami lakukan berdua. Sampai akhirnya kami terpisah jauh. Selvy memutuskan bekerja di Batam selama dua tahun, sementara aku masih setia membangun karirku sebagai penulis di Jakarta. Hingga akhirnya Selvy pulang ke Jakarta, kukira aku bakal bisa sering hangout berdua lagi, ternyata Selvy pulang ke Jakarta untuk menikah ^_^

Sekarang, sudah saatnya aku mandiri. Rasanya aku memang sudah mulai terbiasa sendiri. Tetap bisa happy kok ke toko buku sendiri, belanja pakaian atau kerudung sendiri, nonton bioskop sendiri. Menjadi lajang terakhir bukan berarti kesepian. Apalagi pada dasarnya aku memang senang suasana tenang.

Semua kejadian yang sudah kulalui, telah menempaku menjadi pribadi yang sangaaaaat ikhlas. Karena hidup itu memang begitu, persis keripik kentang yang nggak rata itu, berliku-liku. Kadang bahagia dan sedih datang silih berganti. Tapi cobaan bukan untuk diratapi dan disesali, melainkan untuk dilalui dan dihadapi. Lalu saat badai sudah berakhir, yakinlah langit akan cerah, mungkin akan membiaskan lengkung pelangi.

Ada satu hal yang membuatku terharu dalam acara ijab qabul sahabatku kemarin, saat menyaksikan ayah Selvy mengucapkan kalimat : Saya nikahkan dan kawinkan anak saya ...

Langsung saja ingatanku melompat ke sosok bapakku. Bapak yang sekarang sedang dalam masa pemulihan. Satu pertanyaan menggelayut dalam hati. Saat nanti akhirnya aku menikah, apakah bapak sudah bisa bicara selancar itu?

Ya Allah, semoga Engkau berkenan menyembuhkan bapakku seperti sedia kala, dan kelak bisa menjadi waliku saat aku menikah. Entah kapan, hanya Allah yang tahu.

Anyway, intinya aku bahagia dan bersyukur atas semua yang sudah diberikan Allah untukku. Aku jalani saja hidupku ini apa adanya. Tanpa beban, menjalani saja rencana-rencanaku yang berhubungan dengan tulis menulis. Karena yang berhubungan dengan jodoh, itu di luar wewenangku sebagai manusia biasa ^_^.

Walau kini resmi sudah aku jadi jomblo sendirian, tapi aku tetap happy lah selama Nicholas Saputra dan Keanu Reeves masih jomblo juga. Berasa ditemenin gitu, hihihihi ^_^

Well, akhirnya, aku mengalami persis seperti yang dialami Keira, sahabat Dara saat ia membantu Dara menyiapkan pernikahan sahabatnya itu. Momen my best friend wedding yang tertuang dalam novel "Hatiku Memilihmu" bab "Sepucuk Surat Undangan".

Ini cuplikan adegan Keira dan Dara yang mirip deh dengan aku dan Selvy :

Dara tertawa geli, lalu menepuk pundak sahabatnya itu.

“Setiap orang ada waktunya sendiri-sendiri dalam menemukan jodohnya, Kei. Sepertinya kamu masih dibutuhkan untuk menyebarkan cara berpakaian Islami untuk lebih banyak muslimah di New York. Nanti, kau akan terkejut, saat tiba-tiba saja muncul cowok tampan dan baik hati yang melamarmu dan ternyata sudah lama memperhatikanmu diam-diam,” kata Dara berusaha menghibur Keira.

Keira hanya mengangkat bahu.

“Hei, gue nggak sedih kok. Nggak masalah buat gue kalau jodoh gue datangnya masih nanti-nanti,” kata Keira santai, kemudian tersenyum lebar.

Now, It’s all about you and Brad, Dara! Kita fokus pada itu saja,” lanjut Keira.

Dara segera memeluk erat Keira.

Thank you my best friend,” ucap Dara sembari mengelus lembut punggung Keira.

“Ups, elo nyebut gue best friend, bikin gue merasa mengalami momen My best friend wedding,” sahut Keira seraya melepaskan diri dari pelukan Dara.

Dara hanya tersenyum lebar. Keira selalu saja mampu membuat ketegangannya menghadapi persiapan pernikahannya ini lenyap dengan celotehannya. Keira yang tidak berubah, tetap ceplas-ceplos, tetap ber‘elo-gue’ dengan Dara, walau pun kini ia sudah rajin mengaji dan selalu salat tepat waktu. Keira yang kini menerima Dara apa adanya dan Dara pun menerima Keira apa adanya.

Dara berani memastikan, Keira Subandono adalah sahabat sejatinya yang tidak akan tergantikan oleh siapa pun.




Happy wedding, my best friend. wish you all the best yaaa ^_^

Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that’s why its called the present. – Pooh, Disney Words

Minggu, 17 Agustus 2014

Dirgahayu negeriku, Indonesia



17 Agustus!

Ada rasa haru menyeruak tiap kali hari sampai pada tanggal ini. Teringat kisah tentang perjuangan bapak-bapak bangsa kita untuk memerdekakan negeri ini.

Perjalanan bangsa ini masih panjang, tapi aku selalu optimis, suatu saat Indonesia akan menjadi negara hebat. Aamiin.

Dirgahayu negeriku Indonesia yang ke 69 tahun.




Apa pun rintangan yang dialami negeri ini, aku tetap bangga menjadi warga negara Indonesia. Negeri luar biasa indah dan kaya. Akan tiba saatnya muncul putra putri terbaik bangsa yang akan memajukan negeri ini.

Selamat ulang tahun Indonesiaku, aku cinta padamu

Ini beberapa logo HUT RI ke 69 karya anak-anak bangsa yang keren-keren.

Ah, bangganya aku menjadi warga negara Indonesia ^_^