Sabtu, 22 November 2014

King of The Hill

photo from wikipedia


"When the world turn upside down, the trick is coming out on top."

Nggak sengaja nonton film produksi 1993 ini saat diputar di HBO. Selalu suka cerita drama yang tokoh utamanya anak-anak. Apalagi yang main pemain cilik yang good looking banget.

Film ini disutradarai oleh  Steven Soderbergh. Berkisah tentang Aaron, anak cerdas yang ayahnya sibuk cari kerja ke sana sini tapi nggak dapat juga. Akhirnya ayahnya menjadi tukang jual lilin keliling tapi jualannya nggak laku.

photo from www.moviepostershop.com


Aaron dan keluarganya tinggal di sebuah hotel yang menyewakan kamar-kamar di lantai 3 dengan harga murah. Pada suatu hari sepulang sekolah Aaron dan adiknya melihat satu lagi tetangga mereka sesama penghuni lantai 3 diusir. Satu persatu penghuni lantai itu diusir karena tak sanggup lagi membayar sewa.

Aaron melaporkan kepada ayah dan ibuny sesampai di kamar yang mereka sewa. Tapi Aaron malah mendapat kabar menyedihkan. Karena keuangan ayahnya makin nggak jelas, adiknya akan dikirim tinggal bersama pamannya di kota lain yang jauh dari mereka. Aaron memohon supaya dia saja yang dikirim, karena dia tidak tega melihat adiknya yang masih kecil harus hidup terpisah dari keluarga. Tapi ayahnya bersikeras, adiknya lah yang harus pergi.

Aaron pun semakin kesepian, tak ada lagi adik laki-lakinya sebagai teman bermain. Sebenarnya Aaron seorang anak yang baik. Dia selalu punya keinginan menolong anak lain yang lebih lemah dan mendapat tekanan. Seperti menolong anak gelandangan miskin yang dimarahi polisi karena dituduh mencuri. Aaron meneriaki sang polisi hingga perhatian polisi itu teralihkan. Aaron juga menolong teman sekolahnya yang lemah dan diganggu anak lain saat bermain kelereng.

Anak lemah itu tak bisa bermain kelereng dia kalah telak dan berhutang 20 butir kelereng. Aaron menantang anak-anak yang menekan temannya itu untuk beradu main kelereng lagi. Dan Aaron ternyata jago banget. Dia memenangkan semua kelereng, Sebagai rasa terima kasih, anak itu mengajak Aaron main ke rumahnya. Ternyata dia anak orang kaya dengan rumah mewah dan banyak sekali makanan. Aaron yang makannya sehari-hari tak pernah cukup, melahap semua makanan yang disediakan untuknya.

Sebenarnya Aaron anak yang baik. Tapi tiap kali ada yang menanyakan tentang keluarganya, ayah ibunya, Aaron selalu berbohong. Saat ibu temannya itu bertanya ayahnya bekerja di mana, Aaron bilang ayahnya seorang pilot rahasia negara dan sering bertugas rahasia yang dia sendiri nggak tahu di mana.

photo from veehd.com


Kemudian cobaan kembali mendera Aaron. Ibunya sakit tbc parah dan harus masuk sanatorium. Aaron tinggal hanya berdua ayahnya yang lebih sering pergi berjualan apa saja. Sampai akhirnya ayahnya memberi kabar diterima bekerja sebagai sales jam tangan dan ditugaskan bepergian ke berbagai kota di negara bagian yang berbeda-beda. Aaron terpaksa ditinggal sendirian. Ayahnya bilang tak usah cemas, kalau Aaron mau makan disuruh datang ke restoran temannya dia sudah bayar makanan untuk Aaron. Uang sewa kamar di hotel itu pun sudah dibayar. Kenyataannya, saat Aaron ke restoran yang diberitahu ayahnya, tak ada makanan gratis untuknya.

Aaron juga harus melalui wisuda sekolah dasarnya sendirian, sementara teman-temannya diantar orangtua masing-masing. Dia dinobatkan sebagai anak teladan dan dinilai paling jujur. Tapi saat hadir dalam pesta kelulusan di rumah temannya yang kaya raya, dia ketahuan berbohong tentang ayahnya. Aaron pernah bilang pada temannya itu ayahnya pilot, tapi ke temannya yang lain dia bilang ayahnya arkeolog dan hilang di luar negeri.

Nggak sangka, ceritanya menarik dan bikin aku betah nonton sampai selesai. Lumayan meninggalkan kesan mendalam. Betapa Aaron harus tegar menjalani hidupnya yang kacau, menghadapinya sendirian. Ditinggal pergi ayahnya tanpa diberi uang sepeser pun. Sampai akhirnya dia menggunting foto-foto makanan di majalah dan memakannya, berpura-pura itu adalah steak sungguhan. Sedih ... tapi untunglah ceritanya happy ending.

Recommended deh. Ternyata pernah masuk nominasi festival film Cannes.

Hm, yang jadi Aaron lebih cakep waktu masih kecil seperti di film ini. Sekarang sudah dewasa sudah nggak seimut dulu lagi, hehehe

Kamis, 20 November 2014

Indahnya memiliki harapan



Gara-gara nonton trailer film Cinderella versi baru buatan Disney, aku jadi teringat soundtrack film Cinderella versi kartun ini. Mendengar lagu ini, membuatku semangat lagi untuk punya harapan indah dan yakin suatu hari harapan itu akan terwujud.

Terkadang apa yang terjadi dalam hidup nggak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun bukan berarti kita menyerah dan berhenti berharap. Saat aku merasa sedih, aku ingat lagu ini, dan kembali dipenuhi harapan. Bahwa suatu hari nanti impianku akan menjadi nyata, aamiin.

Yuk, berdoa dan berusaha ^_^




A dream is a wish your heart makes
When you're fast asleep
In dreams you lose your heartaches
Whatever you wish for, you keep

Have faith in your dreams and someday
Your rainbow will come smiling thru

No matter how your heart is grieving
If you keep on believing
The dream that you wish will come true

A dream is a wish your heart makes
When you're feeling small, yeah
Alone in the night you whisper
Thinking no one can hear you at all

You wake with the morning sunlight
To find fortune that is smiling on you

Don't let your heart be filled with sorrow
For all you know, tomorrow
The dream that you wish will come true, oooh, yeah

A dream is a wish your heart makes
When you're fast asleep
In dreams you lose your heartaches
Whatever you wish for, you keep

You wake with the morning sunlight
To find fortune that is smiling on you

Don't let your heart be filled with sorrow
For all you know, tomorrow
The dream that you wish will come true

No matter your heart is grieving
If you keep on believing
The dream that you wish will come true
Ooh, yeah, come true


Sabtu, 08 November 2014

John Wick, Keanu Reeves is back!



Senang banget saat tahu akhirnya film John Wick diputar di Indonesia. Sudah lama banget aku nggak menonton aksi Keanu Reeves aktor favoritku sepanjang masa.

Aku melewatkan Man of Taichi karena dia bukan peran utama dan jadi antagonis. Ugh, aku nggak rela menonton film yang menjadikan Keanu sebagai tokoh antagonis. Aku pengin dia selalu jadi tokoh jagoan, pahlawan hatiku, hehehe.

Aku juga melewatkan 47 Ronin karena aku nggak paham ceritanya dan aaah, kurang asyik perannya di sana. Itu menurutku lho. Tapi kalau suatu saat 47 Ronin diputar di televisi, pasti akan kutonton.



Akhirnya John Wick bisa melepaskan kerinduanku pada sosok Keanu Reeves. Walau baru saja merayakan ulang tahun ke 50, Keanu ini awet muda deh. Masih aja cute, cuma terlihat makin matang dan bijaksana aja.

John Wick cukup memuaskan, awal cerita memang berjalan pelan, untuk menjelaskan pada penonton sosok John Wick dan alasannya kenapa dia harus membalas dendam pada anak seorang mafia yang rese dan bisanya cuma petantang petenteng.

John Wick di masa lalu adalah pembunuh bayaran paling ditakuti, bahkan oleh bos mafia Rusia bernama Viggo. Polisi pun nggak mengganggu aksinya karena perang antar mafia memang nggak mudah diselidiki, lebih baik tak usah diganggu, toh perang sesama bad guy.

Sampai kemudian John Wick bertemu seorang wanita, jatuh cinta dan menikah. Tapi kebahagiaannya hanya sekejap, istrinya wafat karena sakit.

Saat John Wick dirundung kesedihan, ia mendapat kiriman seekor anjing manis yang ternyata adalah hadiah dari istrinya yang sudah tahu suatu saat akan pergi, anjing itu untuk menemani John supaya tidak kesepian.

Anjing manis bernama Daisy dan sebuah mobil mustang antik produksi tahun 1969 adalah dua hal yang kemudian menghibur hati John yang masih diliputi kepedihan.

Sampai kemudian, baru saja John menghibur diri dengan ngebut bersama mustangnya ditemani Daisy, bencana itu menghampirinya. Bermula ketika ia sedang mengisi bensin, ia bertemu Iosef, anak mafia Rusia Viggo. Mulanya John tidak kenal anak itu, anak itu pun tidak tahu siapa John. Ia mengira John cuma warga biasa yang nggak bisa apa-apa.

Ia mengganggu John dengan ocehannya, tapi John nggak memedulikannya. Si anak mafia rese ini jadi kesal. Malamnya ia malah sengaja mendatangi rumah John bersama dua bodyguardnya. Memukuli John, membunuh Daisy si anjing manis (hikss, tega banget deh) dan mencuri mobil mustang John.

Iosef segera mendatangi rekanan ayahnya yang biasa membuatkan stnk palsu untuk mobil mustang John yang baru dicurinya. Tapi rekan ayahnya itu mengenali itu  mobil John. Ia tahu reputasi John. Ia tidak mau memenuhi permintaan Iosef. Ia malah memukul Iosef. Si anak mafia manja ini melapor ke ayahnya.

Viggo segera menelepon rekan bisnisnya itu dan bertanya kenapa berani memukul anak Viggo.

Rekanannya itu bilang,"Tentu saja saya pukul. Dia sudah mencuri mobil dan membunuh anjing milik John Wick."

Viggo tercengang, dia hanya menyahut,"Oh."

Viggo pun tahu siapa John Wick. Pembunuh ahli yang belum pernah terkalahkan. Saat tahu ini, ia sadar, John pasti akan memburu anaknya. Ia memarahi anaknya, dan anaknya disuruh bersiap-siap, karena John Wick pasti akan memburunya dan membalas dendam.

Iosef masih meremehkan kemampuan John Wick. Padahal menurutnya, ia cuma melakukan kesalahan kecil, cuma membunuh anjing punya orang biasa. Viggo kemudian menjelaskan siapa John Wick dan apa kehebatannya. Iosef masih saja tak yakin. Ia baru ketakutan setelah akhirnya John hampir membunuhnya setelah membunuh bodyguard-bodyguardnya.

Bagi John, Daisy bukan sekadar cuma seekor anjing. Daisy adalah kenang-kenangan terakhir yang diberikan istri tercintanya yang baru saja tiada. Membunuh Daisy sama saja membunuh kenangannya bersama istrinya. Dan bagi John Wick kesalahan Iosef itu tak bisa dimaafkannya. Harus ditebus dengan nyawanya. (Sereem yaa. Tapi memang Iosefnya itu rese banget siih. Tetap belain keanu ^_^)

Kemudian dimulailah aksi laga plus tembak-tembakan yang serba cepat.

Wuaaah, aku senang banget Keanu di sini jadi jagoan tak terkalahkan. Gerakannya cepat banget. Keanu mempelajari judo dan jiu jitsu untuk perannya di sini.

Oya, film ini semakin asyik karena dihiasi soundtrack yang paaas banget. Ngerock dan menghentak, cocok buat tempo film yang sangat cepat. Salah satunya yang aku suka yang ini :



Di film ini, sejumlah pertanyaan tiap kali melihat film mafia terjawab. Kalau tembak-tembakan antara mereka mayat-mayatnya gimana? Kan banyak banget >.<

Ternyata ada pasukan khusus pembersih yang bertugas membersihkan hasil perkelahian antara anggota mafia atau pembunuh bayaran. Sebenarnya profesi ini pernah dibahas dalam flm berjudul The Cleaner. The cleaner ini sebutan untuk tim yang bertugas membersihkan hasil perang antar mafia.

Dalam dunia mafia juga ada banyak kesepakatan yang harus dipatuhi semua anggota, jika ada yang melanggar, akan mendapat hukuman. Bahkan mereka juga punya mata uang khusus berupa koin emas.

Film ini mendapat rating 8 di Imdb. Memang seru, cocok banget buat yang hobi menonton film action. Kalau untukku pribadi sih aku suka film ini karena yang main Keanu Reeves, hehehe.

Buat yang mau nonton, silakan nonton yaaa. Masih diputar kok filmnya ^_^

Keanu saat promo John Wick. Masih ganteng kaaan? ^_^





Sabtu, 01 November 2014

Novel baru Arumi E. : UNFORGOTTEN DREAM

Welcome November ... Cepatnya waktu berlalu. Dua bulan lagi tahun 2014 akan berakhir.
Berita gembira di bulan ini, novel terbaruku akan terbit. Novel kedua yang terbit di penerbit Elex Media Komputindo.

Semoga menjadi awal yang baik di bulan November ini. Aamiin


Judul : Unforgotten Dream 
Penulis : Arumi E.
Penerbit : Elex Media Komputindo
Editor : Afrianty Pramika Pardede
Harga : 39.800
Tebal : 216 halaman


Sinopsis

Kasandra tak bisa lepas dari obsesi akan mimpi istimewa menjelang masa remajanya delapan tahun lalu. Dalam mimpinya itu ia bertemu seorang
pemuda menawan yang mengaku bernama Rana, pendamping hidupnya di masa depan. Mimpi itu bagai nyata, membuat Kasandra tak sengaja berjanji
setia.

Obsesinya untuk bertemu pemuda dalam mimpinya itu membuatnya mengabaikan banyak pemuda yang mendekatinya hanya karena namanya bukan Rana. Tak terkecuali Keanu, mahasiswa arsitektur yang ditemuinya secara ajaib. Namun semesta seolah mengarahkan Kasandra pada Keanu.

Sekeras apa pun Kasandra menolaknya, takdir selalu mempertemukannya kembali dengan Keanu. Bahkan setelah ia benar-benar bertemu sosok bernama Rana, Keanu terus mengusik hatinya.
Lalu siapakah yang akan ia pilih? Rana yang bernama sama dengan pemuda yang muncul dalam mimpinya dulu atau Keanu yang walau namanya bukan Rana namun keberadaannya semakin lama terasa semakin berarti?


Dapatkah kau melihat, 
tanda-tanda yang dibawa semesta?
Kau dan aku tanpa sadar,
melangkah ke satu titik yang sama



Berawal di suatu malam setelah Kasandra mendapati dirinya mulai beranjak remaja, di usianya yang ke 12. Perutnya melilit sakit sekali. Ternyata itu adalah hari pertama yang sangat penting dalam hidupnya sebagai seorang perempuan. Pertama kalinya ia mendapat menstruasi. Ibunya mengingatkan, sejak saat itu, ia harus semakin berhati-hati, karena ia telah menjadi seorang wanita yang akan tumbuh semakin matang.

Malam itu, Kasandra bermimpi, bertemu seorang pemuda rupawan, yang mengajaknya ke sebuah tempat indah dan mengaku sebagai pasangan hidupnya di masa  depan. Pemuda itu mengaku bernama Rana.

Bertahun-tahun kemudian, Kasandra tak bisa melupakan mimpi indahnya itu. Bahkan ia meyakini, pendamping hidupnya di masa depan memang benar-benar pemuda bernama Rana seperti yang muncul di dalam mimpinya dulu.

Hingga kemudian Kasandra bertemu pemuda bernama Keanu. Mulanya Kasandra tak peduli pada Keanu, ia masih fokus mencari pemuda bernama Rana. Namun berkali-kali Kasandra menghadapi peristiwa yang membuatnya terus menerus harus berhubungan dengan Keanu.

Keanu seorang mahasiswa jurusan arsitektur, sedangkan Kasandra mahasiswi jurusan interior. Walau jurusan mereka berbeda, namun jurusan keduanya saling mengisi dan melengkapi. Karena itulah Kasandra tak menolak bantuan Keanu untuk kerja praktek di tempat Keanu bekerja freelance sebagai arsitek. Walau masih kuliah, tetapi Keanu dipercaya untuk menangani beberapa proyek bangunan gedung bertingkat rendah.

Sampai kemudian Kasandra benar-benar bertemu pemuda bernama Rana, Kasandra masih saja mengabaikan segala perhatian Keanu, dan memilih Rana yang ia percayai sebagai pemuda yang dulu pernah muncul dalam mimpinya.

Apakah benar Rana Fabian adalah pemuda dalam mimpinya dulu itu? Dan sampai kapankah ia sanggup mengabaikan kebaikan hati Keanu hanya karena pemuda itu tidak bernama Rana?

Cuplikan dialog :

“Maaf, sebelumnya saya mau tanya. Kenapa Tante punya ide memberi nama anak Tante itu Keanu seperti nama aktor Hollywood?”

"Dulu, Tante memang ngefans berat sama dia, makanya saat melahirkan anak cowok, tante langsung usul sama suami tante, supaya menamakan anak pertama kami Keanu. Awalnya suami tante nggak setuju. Tapi setelah tante kasih tahu artinya dan dia boleh menambahkan nama pilihannya di belakang nama Keanu, akhirnya boleh juga.”

Kasandra tersenyum senang.

“Memangnya Keanu itu artinya apa, Tante?” tanyanya.

“Itu Bahasa Hawaii. Keanu Reeves kan keturunan Hawaii. Katanya sih artinya angin sejuk yang berembus di sela-sela pegunungan.”

oOo

Kasandra memilih duduk di rerumputan yang menghadap ke arah air kolam buatan. Keanu duduk di sampingnya, melirik sebentar kepada Kasandra yang masih memilih diam sambil memandangi air kolam yang tak bergerak.

“Boleh kupinjam bahumu sebentar?”

Ujung kedua alis Keanu bertaut, terkejut mendengar permintaan Kasandra yang tiba-tiba dan tidak biasanya itu.

“Boleh, silakan,” jawabnya dan dadanya berdebar sedikit lebih keras saat Kasandra menopangkan kepalanya ke bahunya sebelah kiri.

“Kamu mau curhat sekarang?” tanya Keanu.
“Jangan menuduh, aku cuma mau istirahat sebentar. Kepalaku pusing,” jawab Kasandra.
“Istirahat sambil curhat juga nggak apa-apa. Aku bersedia mendengarkan,” sahut Keanu.

“Kalau aku mau curhat, pasti aku curhat ke Queen. Queen pasti lebih tahu masalah kegalauan perempuan,” tukas Kasandra, padahal ia yakin, Queena sudah mulai bosan mendengar curhatannya dan sekarang ini Queena sedang lebih senang menghabiskan waktunya bersama Lionel.

“Aku juga tahu. Adikku kan perempuan. Dan dia sedang sering-seringnya merasa galau. Curhat bisa tiga kali seminggu. Dan gayanya saat curhat, persis seperti kamu sekarang ini. Numpang meletakkan kepala di bahuku.”


Nah, buat yang mau tau kisah lengkapnya, siap-siap baca yaa "Unforgotten Dream"^_^


Behind The Story

Aku mendapatkan ide untuk tulisanku bisa berasal dari banyak hal. Dari apa yang kubaca, dari film yang kutonton, dari musik yang kudengar, dari curhatan teman dan tetangga, bisa juga berasal dari apa yang kualami sendiri.

Ide awal kisah ini gabungan dari cerita teman dan dari pengalamanku sendiri. Dulu, saat usiaku baru 11 tahun, -masih imut banget ya aku- itu pertama kali aku mendapat menstruasi. Perutku sakitnya bukan main. Melilit, rasanya seperti dipilin-pilin, aku uring-uringan kesakitan. Saat itu aku sedang liburan di rumah Mbahku di Desa Janten, Jogjakarta.

Entah aku diberi obat apa oleh ibuku, kemudian aku tertidur. Aku tidur di kamar kakak sepupuku yang tinggal di sana. Dan saat tidur itu aku bermimpi sesuatu yang belum pernah kuimpikan sebelumnya. Bertemu seorang cowok yang aku nggak ingat wajahnya tapi aku ingat dia ganteng banget. Mimpinya romantis gitu deh. Jalan-jalan berdua, senang tapi tersipu. Mungkin itu sebagai pertanda aku sudah akil baliq kali ya. Aku sudah mulai remaja dan bakalan mulai naksir cowok.

Begitu aku bangun, mataku langsung tertuju ke poster artis idola kakak sepupuku. Sebenarnya, di dalam mimpi cowok keren yang muncul itu nggak nyebutin namanya. Tapi begitu bangun, aku langsung berpikir nama yang cocok buat dia adalah Ranadrian.

Selama masa remajaku, Ranadrian jadi cowok khayalan dan harapanku. Tapi sayangnya sampai sekarang aku nggak pernah ketemu cowok bernama Ranadrian. Hehehe, kasihan deh ya, mimpi yang tak pernah menjadi nyata. Namanya juga cuma mimpi ^_^

Pengalamanku itulah yang aku jadikan ide dasar cerita novelku kali ini. Ditambah cerita dari temanku tentang temannya yang bertemu jodoh setelah bertemu seorang cowok tiga kali beruntun dalam sehari di tempat yang berbeda-beda. Akhirnya mereka kenalan dan berjodoh deh. Terlalu banyak kebetulan? Percayalah, itu bukan kebetulan. Allah pasti sudah mengatur pertemuan-pertemuan itu. Begitulah takdir yang sudah ditetapkan untuk keduanya.

Cinta memang sering datang tanpa diduga, jodoh pun demikian. Biarkan waktu menuntunmu menuju pasangan yang tepat. Jangan mengelak, namun juga berhati-hatilah. Perhatikan bedanya jodoh dengan jebakan ^_^

Kemudian karena aku ngefans sama aktor Keanu Reeves, maka inilah saatnya bagiku mengabadikan namanya. Aku memang suka banget dengan nama berawalan huruf 'K'. Dan karena pasangan Keanu Revees di film yang paling kusuka Sandra Bullock, maka tokoh wanitanya kuberi nama Kasandra,



Keanu Nararya ngebayanginnya sih mirip Keanu Reeves zaman muda gini ^_^

Mengenai latar belakang keduanya yang mahasiswa arsitektur dan mahasiswi desain interior, karena aku juga ingin mengabadikan jurusan kebanggaanku dulu.

Setelah melalui proses menulis dan revisi, kini hadirlah novel "Unforgotten Dream" ini, siap untuk dibaca.

Selamat membaca yaa ^_^






Buku-bukuku yang sudah terbit. Sudah punya semua belum? :)